Selasa, Desember 12, 2006

Diskusi Pembuatan SMSGateway Menggunakan Visual Basic 6

Jika Anda ingin berdiskusi dengan saya mengenai pembuatan SMSGateway menggunakan Visual Basic 6, silahkan posting disini. Atau gunakan Email Post pada comment untuk langsung terkirim ke email saya.
Terima Kasih

9 komentar:

Anonim mengatakan...

test

Anonim mengatakan...

Yth,
Mas Eris

Saya Baru mau membuat Aplikasi SMS Gateway, tp saya menggunakan Delphi 7(pemula). bisakah mas Eris membantu langkah2 pembuatannya..?
yg Ingin saya tanyakan:
- apakah saya perlu komponen tambahan?, jika iya komponen apa namanya & bisa di download dimana?
- Saya menggunakan Siemens M35i & M55 sebagai modem nya, apakah itu sudah sangat baik digunakan atau ada rekomendasi lain?
- pada saat kita melakukan cek saldo pada HP, misal *888#, kemudian akan muncul dilayar HP kita mengenai jumlah saldo, dll, nah.. Bisakah kita mengambil data-data dari yg tampil di layar HP tadi? bagai mana caranya?
- Bagaimana caranya untuk mengakses/mengontrol menu yang ada di SIMcard semisal M-ATM di kartu Simpati atau layanan data pada Kartu XL?

Demikian Mas, saya mohon bantuannya,
mohon maay jika pertanyaan nya kepanjangan.

infonya bisa dikirim lewat email
saya di bharahap@yahoo.com

Wassalam

Burhan

Eris mengatakan...

Mohon Maaf sebelumnya jika saya baru membalasnya:
- Komponen tambahan diperlukan jika memang pada saat pembuatannya memakai komponen dari pihak lain, mungkin Oxygen bisa dijadikan salah satu pilihan, tapi ya sampai saat ini saya belum menemukan komponen gratis yang cukup powerfull, kalo saya sendiri membuat sebuah modul dan class module sendiri sehingga tidak menggunakan component, tapi dalam VB.

- Saya selalu merekomendasikan Siemens karena cukup bagus juga sebagai gateway, yang penting bagi saya ATCommand yang akan digunakan didukung oleh HP tersebut, coba baca2 lagi AT Command apa saja yang tidak didukung sehingga Mas tidak salah pilih menggunakan jenis HP nya. Untuk demo ke client saya meggunakan Motoral 365 dengan koneksi USB.

- Ada sebuah AT Command yang digunakan untuk memeriksa jumlah pulsa yang tersedia kalo ga salah CISD (saya lupa nama command nya, coba mas baca2 lagi AT Command nya dan pastikan juga bahwa AT Command tersebut didukung oleh HP yang mas gunakan dan itu yang terpenting. dan kita bisa mengcapture data-data yang masuk dengan AT Command tersebut.

- Untuk yang terakhir saya sendang melakukan ujicoba terhadap pertanyaan yang mas ajukan dan masih belum final sehingga saya tidak bisa asal menjawab.

Demikian yang bisa saya jawab semoga membantu

rgd,
ERIS RISO, SKom

Angga Sanjaya mengatakan...

salam kenal,
saya angga dari semarang,
saya lagi membuat skripsi tentang sistem informasi akademik berbasis sms dengan visual basic 6, disini saya menggunakan gammu tapi saya mengalami kesulitan untuk mengkoneksikan dengan HP(Nokia E65) kira2 HP apa ya yang cocok?lalu gimana ya cara nya agar begitu ada sms masuk bisa langsung di proses melalui vb dengan format sms yang sudah saya tentukan. misal untuk mengetahui nilai siswa ketik info[spasi]nilai[spasi]no.induk.
masalahnya gimana cara agar vb bisa membaca inbox setiap ada sms masuk dan gimana cara vb bisa mengecek kevalid an format yang diterima melalui sms?
mohon bimbingan nya ya mas...thx b4

Eris mengatakan...

mohon maaf sebelumnya karena saya belum pernah menggunakan GAMMU, saya pake class sendiri atau klo Nokia saya pakai MFBus.

selanjutnya:
letakkan timer di form VB yang akan membaca event yang kita buat sehingga akan terus berulang. Event itu bisa proses membaca SMS dari HP lalu disimpan di database, terus dicek isinya, terus balas sesuai dengan apa yang telah ditentukan.

ada beberapa metode dalam menanganinya, yang paling mudah ada sbb:
- baca sms setiap waktu yang ditentukan.
-simpan isi dari SMS ke dalam database, beserta no hp pengirim serta date dan lain-lain yang diperlukan.
-biasanya untuk SMS baru saya kasih set flag nya 0 artinya belum dibalas.
-lakukan juga pengecekan setiap waktu yang ditentukan untuk membaca SMS dengan flag 0.
-jika ada, baca bagian isi SMS nya, biasanya saya menggunakan fungsi Split untuk memisahkan per kata dari isi SMS.
-tentukan sebelumnya rangkaian kata sebagai rangkai valid misalnya SMS REG, SMS JADWAL, dll.
artinya jika rangkaian SMS nya tidak valid berarti salah, kirim aja balasan kalo SMS itu formatnya salah.
-jika format SMS nya benar, lakukan untuk pengecekan lainnya, misalnya isinya SMS JADWAL berarti si pengirim meminta informasi jadwal, lalu buatkan fungsi jadwal untuk mengecek jadwal si pengirim hasilnya kirimkan sebagai balasan SMS.
-set flag SMS menjadi 0 yang berarti sudah dibalas jika proses balas SMS sukses.


semoga membantu.

SaLLy mengatakan...

saya sally dari salatiga,
saya sedang mengerjkan skripsi berjudul aplikasi monitoring klaim berbasis sms.
saya mw bertanya: jenis hp siemens sudah langka jadi klo pke Nokia yg cocok apa? trs klo pke visual .net (basic) dan databasenya SQL blh g?
komponen apa saja yang dipake dalamnya? thankx

mohon dibalas di email saya:
sally_pinkcute@yahoo.com

SaLLy mengatakan...

yth Mas Eris,,,

saya sally dari salatiga,
saya sedang mengerjkan skripsi berjudul aplikasi monitoring klaim berbasis sms.
saya mw bertanya: jenis hp siemens sudah langka jadi klo pke Nokia yg cocok apa? trs klo pke visual .net (basic) dan databasenya SQL blh g?
komponen apa saja yang dipake dalamnya? thankx

mohon dibalas di email saya:
sally_pinkcute@yahoo.com

ciputrasblog mengatakan...

mau tanya kak,kalo kode program visual basic untuk menampilkan sms gimana ya? hp saya terhubung dengan USB.

Eris mengatakan...

ciputra,
tergantung kita dari VB connect ke HP nya pake metode seperti apa, yang pastinya harus ada prosedur untuk connect ke HP, prosedur untuk membaca inbox. ini bisa menggunakan component misalnya Oxygen, tapi kalau saya membuat prosedur sendiri pengolahan PDUText (untuk non Nokia), kalau Nokia pakai FBus.