Jumat, Oktober 20, 2006

Layanan Aplikasi SMS

Layanan aplikasi SMS pada dasarnya memiliki karakteristik yang berbeda dengan aplikasi internet dan internet bergerak pada umumnya, yaitu: layar monitor yang berukuran kecil, keterbatasan jumlah karakter yang dapat dikirimkan, serta keterbatasan tombol pada handset yang hanya berjumlah 12 untuk pengoperasian aplikasi.
Tiga karakteristik tersebut selalu menjadi fokus yang mendasari pada pengembangan aplikasi ini, sehingga informasi yang disediakan pun singkat dan jelas dengan pengoperasian aplikasi mudah dan sederhana yang meminimalisir penggunaan tombol pada handset. Dengan demikian akan dikenali aplikasi yang cocok untuk dikembangkan menjadi aplikasi berbasis SMS. Berdasarkan mekanisme distribusi pesan SMS oleh aplikasi SMS, terdapat empat macam mekanisme penghantaran pesan, yaitu:
  1. Pull, yaitu pesan yang dikirimkan ke pengguna berdasarkan permintaan pengguna.
  2. Push – Event based, yaitu pesan yang diaktivasi oleh palikasi berdasarkan kejadian yang sedang berlangsung.
  3. Push – Schedule, yaitu pesan yang diaktivasi oleh aplikasi berdasarkan waktu yang telah terjadwal.
  4. Push – Personal profile, yaitu pesan yang diaktivasi oleh aplikasi berdasarkan profil dan preference dari pengguna.
Telah terdapat banyak sekali layanan dan aplikasi berbasis SMS pada saat ini. Aplikasi SMS yang ada dipasaran pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu aplikasi untuk konsumen personal dan aplikasi untuk koorporat, diantaranya yaitu:
  1. Pesan SMS antar pengguna (person to persn messaging), merupakan layanan yang paling banyak digunakan hingga saat ini dimana pengguna dapat berkirim pesan SMS satu sama lain (dua arah) menggunakan handset mereka masing-masing.
  2. Unified Messaging, merupakan aplikasi yang dilandasi ide untuk menggabungkan tiga macam messaging, yaitu voice-mail, faxmile, dan e-mail dalam satu account unified messaging box. Dengan demikian hal ini akan memudahkan pengguna dalam menangani berbagai pesan yang ditujukan kepadanya, dan pesan yang masuk ke dalam box akan diteruskan melalui pesan SMS berikut jenis pesan yang masuk, apakah voice-mail, fax-mail, ataupun e-mail.
  3. Pusat informasi, merupakan layanan yang menyediakan informasi umum dan penting bagi pengguna. Informasi disajikan melalui dua mekanisme, yaitu push-based dimana informasi diaktivasi oleh aplikasi dan pull-based dimana informasi diminta oleh pengguna. Aplikasi ini digemari terutama aplikasi yang memperhatikan kemudahan penggunaan, waktu yang tepat, serta personalisasi dan lokasi di mana pengguna berada. Aplikasi yang populer dan paling digemari antara lain adalah aplikasi informasi nomor telepon, ringtones dan logo, chatting, pesan bergambar, humor, horoscope, stock quotes, info TV, info musik, info cuaca, info bank, berita hangat, dan berita olahraga.
  4. Program Affinity, merupakan jenis layanan yang pada awalnya merupakan kerja sama dari operator network dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki pelanggan cukup besar, seperti perusahaan TV, Radio, klub eksekutif, supermaket, perusahaan penerbangan, atau bank. Aplikasi SMS dapat dikembangkan untuk memberikan pelayanan pelanggan dengan kiriman pesan seperti informasi layanan perusahaan, undangan pertemuan, status pembelian barang, dan sebagainya.
  5. Mobile Banking, merupakan salah satu jenis program affinity untuk layanan perusahaan perbankan. Layanan ini memberikan kemudahan kepala pelanggan nasabah sebuah bank dalam bertransaksi melalui rekeningnya. Melalui layanan ini, pekerjaan-pekerjaan seperti transfer uang, pengecekan saldo rekening, pemberitahuan adanya dana masuk ke dalam rekening dapat dilakukan melalui pengiriman pesan SMS.
  6. Jejak Pendapat, dan aplikasi-aplikasi lainnya.


Dirangkum dari:
Zakaria, Teddy Marcus, Josef Widiadhi. (2006), Aplikasi SMS untuk Berbagai Keperluan, Membuat Aplikasi SMS Menggunakan Delphi dan OxygenSMS, Informatika, Bandung.

Tidak ada komentar: